Kamis, 03 September 2015

Teluk Bogam Pangkalan Bun




Teluk Bogam adalah nama sebuah desa di wilayah kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Indonesia. Desa Teluk Bogam pada awalnya sebelum menjadi sebuah desa definitive wilayah ini telah ditempati penduduk sekitar 1934 jiwa. Penduduk asal wilayah desa ini adalah suku bugis. Pelayaran yang berasal dari Bone ini dibuktikan dengan adanya Makam peninggalan Suku Bugis Alm. ANDI MANASA. Sebagai sejarah yang berkembang sampai dengan terbentuknya desa dengan adanya perkawinan dengan beberapa suku asal dan juga warga pendatang yang datang menetap di Desa Teluk Bogam.
Adapun nama desa Teluk Bogam diambil dari keadaan dan bentuk wilayah desa yang berada di dalam teluk dengan adanya tanjung yang diberi nama Tanjung Penghujan sedangkan wilayah teluknya banyak ditumbuhi batang Bogam, pohon tersebut hampir sama jenisnya dengan pohon bakau (mangrove) dengan keadaan tersebut maka diambillah nama desa tersebut dengan Nama Teluk Bogam. Adapun Kepala Desa yang memimpin pertama di desa Teluk Bogam adalah “Pandi” yang dinobatkan sebagai kepala desa pada saat itu dan selanjutnya diteruskan oleh ‘IHAR” kemudian dilanjutkan lagi oleh “ASBAT” kurang lebih tahun 1975-1981, kemudian dilanjutkan oleh “SUKRAN” 1981-1988. Setelah itu dilanjutkan oleh “MURAH” dari tahun 1988-1995 kemudian dilanjutkan “RAMSAN” pada tahun 1995-2002, dilanjukan oleh “BURHAN” dari tahun 2002-2007 kemudian dilanjtkan oleh “M.YUSRAN” pada periode 2007-2013 (Yaitu kepala desa yang menjabat sekarang).
Teluk Bogam juga menyediakan objek wisata yang tak kalah indahnya. Dengan menempuh jarang kurang lebih 2 jam dari kota Pangkalan Bun kita dapat menikmati pantai yang indah dengan pasir putih membentang mengelilingi pantai. Pada hari libur tempat ini di penuhi pengunjung karena objeknya yang cantik banyak memikat mata para wisatawan. Namun kita harus hati-hati, berbeda dengan Pantai Kubu dan Tanjung Keluang, pantai bogam memiliki ombak yang lebih besar karena lokasinya lebih dekat dengan laut lepas.
Objek wisata pantai di Kalimantan sangatlah di dambakan, karena banyak daerah di Kalimantan yang jauh dari pantai membuat wisatawan local berbondong-bondong dating ke pantai setiap liburannya untuk menikmati pesona pantai. Tak jarang pula pantai dijadikan tempat untuk merencanakan kegiatan seperti kemping, pramuka dan lain-lain.
Begitulah sedikit cerita tentang Teluk Bogam, salah satu pantai yang ada di Pangkalan Bun. Jika anda berkunjung ke Pangkalan Bun, sempatkanlah mampir ke Teluk Bogam dan rasakan sensasi alam yang di berikan oleh tempat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah dengan sopan