Kamis, 03 September 2015

Kota Pangkalan Bun




Pangkalan Bun (P.BUN) salah satu kota yang ada di Kalimantan Tengah yang berdekatan dengan lautan. Pangkalan Bun adalah Ibukota Kabupaten  Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Nama Pangkalan Bun sendiri di ambil dari pelabuhan “pangkalan” yang ada di tepi sungai buun, yang kemudian dikenal dengan nama Pangkalan Bun. Pangkalan Bun merupakan tempat kedudukan raja atau pangeran dari kerajaan kotawaringin yang mana dahulu berada di kotawaringin lama dan ditinggalkan pada tahun 1841 lalu berpindah ke pangkalan bun dan memdirikan sebuah istana yang di juluki istana kuning.
Pangkalan Bun merupakan salah satu kota besar yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah dengan populasi 200.000 jiwa. Pangkalan Bun dapat ditempuh melalui hubungan darat dari Kota Sampit, Ketapang dan Kota Pontianak. Selain jalur darat Pangkalan Bun memiliki akses udara yaitu Bandara iskandar dan bandara internasional yang masih dalam pengerjaan serta akses laut melalui pelabuhan kumai yang melayani jurusan Semarang dan Surabaya.
Pangkalan Bun memiliki tempat wisata yang cukup indah dan terkenal. Tempat wisata yang paling terkenal adaah tanjung taman nasional tanjung puting yang menawarkan wisata alam dan dapat menikmati satwa endemic Kalimantan yaitu orang utan. Tak hanya tanjung putting, pangkalan bun juga memiliki beberapa pilihan tempat wisata yang sangat indah seperti pantai kubu, pantai umbang, tanjung kaluang, pantai bogam dan masih abnya lahi yang lainnya.
Untuk masalah penginapan yang ada di Pangkalan Bun tak usah di hiraukan lagi, Pangkalan Bun memiliki pilihan-pilihan tempat menginap seperti hotel dengan layanan berbintang. Jadi tunggu apa lagi? ayo datang ke pangkalan bun dan berwisata di pangkalan bun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah dengan sopan