Jumat, 22 April 2016

Apersepsi Dalam Pembelajaran Kimia



APPERSEPSI 

Apersepsi dalam pengajaran adalah menghubungan pelajaran lama dengan pelajaran baru, sebagai batu loncatan sejauh mana anak didik mengusai pelajaran lama sehingga dengan mudah menyerap pelajaran baru. Disaat kita akan mengajar sebuah konsep apa saja pada siswa, guru sebaiknya memahami bahwa setiap siswa memiliki pengalaman, sikap dan kebiasaan yang berbeda, agar dapat menggali dan menghubungkan pengalaman, sikap dan kebiasaan siswa terhadap konsep yang akan kita ajarkan perlu kiranya kita kaitkan dengan apersepsi. Apersepsi bisa berupa cerita, lagu, video ataupun gambar dll.
Contoh appersepsi dalam pembelajaran kimia dengan materi:
Tatanama Senyawa Kimia
Appersepsi
  • Guru memberikan appersepsi dengan cerita. “Kemarin bapak bertemu sesorang saat mengantri di bank, mukanya sih terlihat garang dengan badan tinggi dan besar. Awalnya bapak ragu untuk mengajak ngobrol namun bapak beranikan diri untuk berkenalan dengan orang tersebut. Setelah berkenalan ternyata beliau adalah orang yang baik dan tinggal dekat perumahan bapak dan bapak pun ngobrol banyak dengan beliau.”
  • Guru memerikan pertanyaan kepada siswa “Dari kejadian itu pelajaran apa yang dapat kita ambil?”
  • Guru menanyakan beberapa pertanyaan berkaitan dengan materi. seperti:
Ø  Dalam kegiatan perkenalan apa sih yang sering ditanyakan pertama kali saat perkenalan?
Ø  Mengapa harus nama yang pertama kali ingin kalian ketahui?
Biasanya sebagian besar orang jika  pertama kali bertemu dengan seseorang, hal utama yang ingin diketahui adalah nama. Nama disini berfungsi sebagai sebagai tanda pengenal atau identitas diri seseorang. Hal ini pun berkaitan erat dengan senyawa. Senyawa pun memiliki nama yang digunakan sebagai identitas senyawa tersebut agar dapat dibedakan dengan senyawa lainnya
  • Minggu lalu kita telah belajar tentang ikatan kimia, ada yang bisa menjelaskan apa itu ikatan ion dan ikatan kovalen?
  • Guru memberikan contoh ikatan ion dan meminta salah satu siswa mengerjakan.
  • Dengan pertanyaan “bagaimana cara unsur Na dan Cl dapat berikatan menjadi senyawa NaCl?”
·                          Na+ + Cl- à NaCl
           Na : natrium
           Cl : clorida
           Lalu NaCl apakah nama senyawa tersebut?
  • Dari situlah hari ini kita akan belajar tentang tata nama senyawa kimia dimana tujuan pembelajaran ini yaitu........

Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan
Appersepsi
  • Guru menampilkan vidio tentang membuat larutan dengan melarutkan garam dalam air garam.
  • Guru memberikan pertanyaan kepada siswa. Minggu lalu kita telah belajar mengenai hidrolisis. Coba sebutkan empat jenis garam yang dapat dibuat dari asam dan basa dan contohnya.
  • Dari garam tersebut tersebut jikia dilarutka dalam air apakah mudah larut atau sukar larut?
  • Dari jenis kelarutan tersebut hari ini kita akan belajar mengenai kelarutan dan hasil kali kelarutan. Dimana tujuan dari pembelajaran kita hari ini yaitu....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah dengan sopan