Rabu, 02 September 2015

Tugu di Pangkalan Bun



Bundaran pangkalan bun.
Hay gays, disini, pada saat ini saya akan mebahas beberapa hal tentang tugu dan bundaran tugu yang ada di pangkalan bun, mungkin yang akan saya paparkan tidak semua tugu yang ada di kota pangkalan bun. Tugu ini biasanya berada di perempatan jalan yang memiliki beberapa jalur tujuan. Tugu yang dibuat ini biasanya sesuai dengan lokasi tempat tertentu sehingga menjadikan ciri khas pada tempat tersebut.
Ya.. kita mulai saja penjelasan yang pertama,


Tugu pancasila
Tugu pancasila adalah tugu sebuah pancasila (garuda pancasila) yang terletak di tengah-tengah kota. Tugu ini menunjuk ke 5 arah jalan kota pangkalan bun yaitu ke jalan HM Rafi’I, Jalan Malijo 1, jalan malijo 2, Jalan Iskandar ke bandara, dan jalan iskandar ke kota. Pada siang hari tugu pancasila hanya terlihat seperti tugu yang terletak di tengah jalan, namun pada malam hari tugu pancasila menjadi tempat wisata sang sangat indah dan ramai, dimana banyak sekali kuliner-kuliner di sekitar tugu dan sepeda hias yang bias di sewa. Tempatnya sangat nyaman bersih dan cahaya lampu-lampu kota menambah kecantikan kota di tugu ini. 


Tugu adipura
Tugu Adipura adalah sebuah tugu yang dibangun pemerintah kota untuk penghargaan  yang di peroleh kota pangkalan bun sebagai kota hijau dan bersih. Untuk informasi lebih lanjut silahkan baca artikel more info.....


Tugu orangutan
Tugu orangutan adalah tugu yang di buat untuk mengajak masyarakat ikut serta menyelamatkan dan melestarikan orangutan sebagai binatang endemic dari Kalimantan. Tugu ini di bangun untuk membagi perempatan jalan si sekitar daerah pasir panjang.


Tugu jagung
Tugu jangung terletak di desa sungai rangit sp 5. Tugu jagung ini adalah tugu yang di buat karena hasil dari pertanian di tempat ini mayoritas adalah jagung. Jadi tidak heran kalau di tempat ini banya sekali jagung yang di jual si sekitar jalan dan juga banya tanaman jagung yang di sekitar. Tugu ini terdapat dijalan lintas palangka yaitu dijalan ahmad yani km. 35.


Tugu pangkalan lima
Tugu pangkalan lima adalah tugu yang di bangun untuk memberi wawasan pada wisatawan bagaimana perjuangan masyarakat pangkalan bun dalam memperjuangkan kemerdekaan di wilayah kotawaringin baarat. Di bagian dinding yang mengelilingi tugu terlihat relief-relief peristiwa yang terjadi pada masa penjajahan. Tugu ini sangat besar dan di sekitar tugu ada gajebo-gajebo yang dapat dijadikan tempat untuk beristirahat. Tugu pangkalan bun adalah tugu terakhir yang akan dilihat apabila kita akan meninggalkan kota pangkalan bun. Seperti tugu yang lain, tugu pangkalan lima membagi jalan menjadi tiga jalur. Jalur yang di bagi adalah jalan kearah pelabuhan kumai, kota sampit dan kota pangkalan bun.

Demikianlah sedikit pemaparan tentang tugu yang ada di pangkalan bun, masih ada beberapa tugu yang belum saya sebutkan dan ceritakan. Mungkin lain kali bila sempat saya akan melengkapi tulisan ini.
Trimakasih telah membaca dan sampai jumpa di postingan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah dengan sopan