Senin, 04 April 2016

Radikal Klor Katalis Penipisan Lapisan Ozon



Radikal Klor sebagai Katalis Penipisan Lapisan Ozon

Penipisan lapisan ozon dan lapisan ozon berlubang merupakan isue yang banyak dibicarakan di lingkungan hidup. Ozon yang berada di stratosfer berfungsi untuk menyerap radiasi UV dari matahari. Radiasi UV dapat memutuskan ikatan di dalam DNA dan merusak gen tubuh, dapat menimbulkan kanker kulit, dan penyakit katarak.

Salah satu penyebab lapisan ozon berlubang adalah meningkatnya kadar CFC (Chloro fluoro carbon) di udara yang dihasilkan dari aerosol propellant pada produk dengan kemasan botol spray, dan gas pendingin pada AC. Radiasi UV dapat menguraikan CFC dan menghasilkan radikal klor yaitu klor yang memiliki atom bebas reaksinya:
CF2Cl2  ----> CF2Cl + Cl.
Radikal klor sangat reaktif dan bereaksi dengan ozon menjadi O dan ClO. Klor monoksida (ClO) akan bereaksi dengan atom O yang dihasilkan dari penguraian ozon oleh sinar ultraviolet sehingga menghasilkan lagi radikal Cl.
Reaksi:
O3 + uv ----> O + O2
O3 + Cl ----> ClO + O2
ClO + O ----> O  2 + Cl
Pada reaksi tersebut ozon terurai menjadi gas oksigen, radikal klor bertindak sebagai katalis karena keluar lagi dari reaksi. Klor yang keluar dapat menguraikan lagi ozon. Setiap atom klor dapat menguraikan 100.000 molekul ozon, akibatnya jika kadar CFC terus menerus meningkat ozon akan terus terurai dan terjadi peristiwa lapisan ozon berlubang.
Sumber: Silberberg, Chemistry: The Molecular Nature of Matter and Change

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah dengan sopan