Selasa, 15 September 2015

Perbedaan Biloks dan Elektron Valensi



Pengertian Valensi
Valensi dalam kamus diartikan sebagai; (Secara Kimia) bilangan yangg menyatakan kesanggupan bersenyawa suatu unsur dengan unsur lain. Elektron valensi adalah jumlah elektron pada kulit/orbital terluar suatu unsur. Misalnya saja Oksigen dengan konfigurasi 2.6...berarti elektron valensinya 6.

Pengertian Bilangan Oksidasi
Bilangan oksidasi adalah suatu bilangan yang menunjukkan ukuran kemampuan suatu atom untuk melepas atau menangkap elektron dalampembentukan suatu senyawa. Nilai bilangan oksidasi menunjukkan banyaknya elektron yang dilepasatau ditangkap, sehingga bilangan oksidasi dapat bertanda positif maupun negatif. Biloks adalah jumlah elektron yg dilepas/diterima suatu unsur ketika bereaksi degan unsur lain.

Hubungan
hubungan antara ke-2nya adalah elektron valensi menentukan jumlah biloksnya. Biloks dapat berupa bilangan + (menerima elektron) maupun -(melepas elektron) untuk mencapai kestabilan. Misalkan elektron valensi pada oksigen 6 berarti dia membutuhkan 2 elektron untuk bisa stabil sehingga jika dia menerima elektron diberi tnda 2- yang tidak lain 2- itu menenunjukkan bilangan oksidasi dari O itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah dengan sopan