Jumat, 22 April 2016

Pertanyaan Afektif, Kognitif dan Psikomotor dalam Suatu Wacana



 Berikut adalah yang dapat digunakan sebagai penilaian kognitif, afektif dan psikomotor.

WACANA
ZAT ADITIF
Zat aditif adalah zat yang biasa ditambahkan kedalam suatu jenis makanan atau minuman untuk meningkatkan rasa, mengawetkan dan juga membuat makanan atau minuman lebih menarik. Zat aditif yang sering digunakan untuk menyedapkan makanan adalah Mononatrium glutamat atau monosodium glutamat (MSG). Monosodium Glutamat (MSG) di masyarakat digunakan sebagai bumbu masak penting. Fungsinya adalah sebagai penyedap yang menimbulkan rasa gurih atau "Umami". Ia lebih dikenal dengan nama vetsin atau micin. Monosodium Glutamat (MSG) merupakan penyedap makanan yang menyebabkan ‘syndrom restaurant cina’ dengan gejala sakit kepala dan rasa nyeri dada. Secara kimiawi MSG adalah garam natrium dari asam glutamat. Satu ion hidrogen (dari gugus —OH yang berikatan dengan atom C-alfa, lihat asam amino) digantikan oleh ion natrium.
Berdasarkan wacana di atas, jawablah pertanyaan berikut.
Pertanyaan:

  •  Monosodium Glutamat (MSG) merupakan penyedap makanan yang menyebabkan ‘syndrom restaurant cina’ dengan gejala sakit kepala dan rasa nyeri dada. MSG mempunyai massa sebagai berikut 35,51% C, 4,77% H, 37,85% O, 8,29% N, dan 13,60% Na. Tentukan rumus molekulny jika Mr MSG ialah 169 g/mol (kognitif)
  • Apa pendapat anda terhadap gambar di bawah ini? Setuju atau tidak setuju, berikan alasan terhadap jawaban anda. (afektif)



  • Rancang  dan lakukan percobaan untuk membuktikan adanya unsur C, H, O, N dan Na pada MSG.(psikomotor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah dengan sopan